Selasa, 11 Oktober 2011

ASKEP ATRESIA BILIARY

I. Pengertian
Atresia Biliary adalah merupakan suatu keadaan dimana saluran empedu yang utuh dengan sumbatan dibagian distalnya atau kelainan yang terjadi dibagian atas porta hepatic.

Suatu defek kongenital yang merupakan hasil dari tidak adanya / obstruksi satu / lebih saluran empedu pada ekstra hepatik atau intrahepatik ( Suriadi, 2001: 17 )

Sumbatan saluran empedu mengenai seluruh atau sebagian dari saluran empedu ekstrahepatik atau intrahepatik, ekstrahepatik bila sumbatan terjadi didalam duktus koledokus, dan intrahepatik bila penyumbatan terjadi antara sel hati dan duktus koledokus. (Ilmu kesehatan anak , 1985 : 542)

II. Etiologi
  - Belum diketahui secara pasti

  - Diduga kelainan kongenital

  - Didapat dari proses-proses peradangan

  - Kemungkinan infeksi virus dalam intrauterin


III. Patofisiologi

Obstruksi pada saluran empedu ekstrahepatik menyebabkan obstruksiv aliran normal empedu keluar hati dan kantong empedu dan usus. Akhirnya terbentuk sumbatan dan menyebabkan empedu balik ke hati ini akan menyebabkan peradangan, edema, degenerasi hati. Bahkan hati menjadi fibrosis dan cirrhosis. Dan hipertensi portal sehingga akan mengakibatkan gagal hati.
 Degerasi secara gradual pada hati menyebabkan joundice, ikterik dan hepatomegalyv
 Karena tidak ada empedu dalam usus, lemak dan vitamin larut lemakv tidak dapat diabsorbsi, kekurangan vitamin larut lemak dan gagal tumbuh.

IV. Komplikasi
  - Cirosis hepatis

  - Gagal hati

  - Gagal tumbuh

  - Hipertensi portal

  - Varises Esophagus

  - Asites


Selengkapnya : DOWNLOAD









Tidak ada komentar:

Posting Komentar