Sabtu, 05 Februari 2011

PENYAKIT KUSTA


PENYAKIT KUSTA

1.      Pengertian
Penyakit   kusta  adalah  infeksi kronik pada manusia yang disebabkan oleh mycobacterium leprae,  yang merupakan penyakit tropis menular yang masih menjadi masalah kesehatan di dunia, khususnya di negara-negara sedang berkembang. Selain menimbulkan dampak psikologis penyakit inij uga mengakibatkan dampak sosial dan ekonomi ,yang  disebabkan  oleh  sejenis kuman yang  diberi  nama  Mycobacterium leprae,  dan terutama menyerang syaraf tepi yang dapat  menyebar  ke kulit  dan  juga  jaringan lainnya, seperti  pada  mata,  selaput  lendir saluran pernapasan bagian atas, otot, tulang dan  kelenjar  kelamin.

2.      Patofisiologi
Walaupun  penyebab penyakit ini sudah diketahui pada  tahun  1873  (lebih dari 100 tahun lalu), namun cara  penularannya masih belum diketahui  secara pasti. Teori yang paling banyak  dianut  adalah penularan  melalui kontak/sentuhan yang berlangsung  lama;  namun  berbagai  penelitian  mutakhir mengarah pada   droplet  infection  yaitu penularan melalui selaput lendir pada saluran napas.         Mycobacterium  leprae tidak dapat bergerak sendiri (karena  tidak mempunyai  alat  gerak) dan tidak menghasilkan racun  yang  dapat  merusak  kulit,  sedangkan ukuran fisiknya lebih  besar  daripada  pori-pori  kulit.  Oleh  karena itu,  Mycobacterium  leprae  yang   karena  sesuatu  hal dapat menempel pada kulit kita,  tidak  akan         dapat menembus kulit kalau tidak ada luka pada kulit kita.
        Seandainya  Mycobacterium leprae tersebut dapat  menembus  kulit,   maka  sel-sel  darah  putih yang  merupakan  bagian  dari  sistim   pertahanan tubuh akan segera memakannya. Selengkapnya Download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar